Resensi Ahmadinejad

Detail Buku
Judul: Ahmadinejad! David di Tengah Angkara Goliath Dunia
ISBN: 979-114-005-7
Penulis: Muhsin Labib, Ibrahim Muharam, Musa Kazhim, Alfian Hamzah
Penerbit: Hikmah
Terbit: Agustus 2006
Isi: 287 halaman

Buku ini menceritakan tentang semua fakta-fakta sejarah negara yang bernama Iran –semenjak rezim monarki Syah Reza Pahlevi, revolusi Islam Imam Khomeini hingga saat ini– dengan Ahmadinejad di baliknya. Dijelaskan juga peran Ahmadinejad semasa revolusi, menjadi gubernur Ardabil dan walikota Teheran hingga akhirnya menjadi presiden Republik Islam Iran.

Pribadinya adalah pemikir & pejuang yang mempunyai sifat/watak : sederhana, lugas, berani, keras, dan bertanggung jawab. Kekuasaan yang dimilikinya digunakan secara bijaksana. Dia lebih mengedepankan kesahajaan, keramahan,dan rendah hati.Hampir tidak mempunyai kepentingan apapun kecuali semata-mata untuk kepentingan rakyat Iran. Keberaniannya melawan ketidakadilan global membuat dirinya disorot oleh semua pihak. Saya sendiri ‘ngeri’ membayangkan apabila memanggul peran seperti Ahmadinejad.

Prinsipnya yang kuat didukung wawasannya yang sangat luas nampak dari tulisan suratnya kepada George W. Bush dan wawancaranya dengan Harian Der Spiegel Jerman. Sayang, tidak banyak dikupas mengenai peran Ahmadinejad sebagai kepala keluarga. Mungkin terkesan jadi selebritis jika banyak membahas wilayah kehidupan pribadinya. Namun jika ada, buku ini akan menjadi lebih komplet.

Sosok Ahmadinejad memang sungguh fenomenal; dianggap sebagai ultrafundamentalis yang berbahaya di satu pihak, namun dielu-elukan bak malaikat pelindung di pihak lainnya. Buku yang ringkas ini bisa menjadi rujukan bagi siapa saja yang ingin menyelami secara mendalam siapa sebenarnya diri yang memiliki nama kecil Mahmud Saborjihan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s