ENEAGRAM

eneagram.jpg Eneagram adalah sebuah studi tentang sembilan tipe dasar manusia. pola studi tentang karakter manusai ini di teliti oleh Renee Baron, dan Elizabeth Wagele seorang psikolog yang jkonsern terhadap pengembangan perilaku karakter individu. Arti Eneagram berasal dari bahasa yunani, enneaa dalah angka sembilan, dan gram “sebuah gambar”. Jadi eneagram adalah sebuah gambar yang bertitik sembilan.

Basicly, berdasap pengembangannyamenurut Renee Baron cikal bakal dari eneagram sendiri telah ada sejak ratusan tahun yang lalu.Berawal dari pengajaranelompok sufi dari timur tengah. Kemudian oleh G.I gurdjieff guru mistis kebangsaan rusia yang mengenalkan studi ini ke Eropa dan mengambil istilah penyebutan ilmunya dengan bahasa yunani…sehingg dikenallah eneagram sekitar tahun 11960.

Inti pengajaran dari eneagram adalah bahwa di awal kehidupa, kita belajar untuk merasa aman dan untuk menghadapi kondisi dalam keluarga dan kondisi diri sendiri dengan mengembangkan suatu metode yang didasari atas Talenta dan kemampuan alamaih kita.

dengan memanfaatkan eneagram kita mampu memahami orang lain dan diri kita, dan mempelajari sejumlah alternatif atas pola perilaku keseharian. orang yang setipe momeiliki motivasi dasar yang sama dalam memandang dunia ini dengan cara yang sebenarnya pada dasarny adalah serupa. Adapun variasi dalam keseharian bersumber pada faktor semacam kedewasan, tipe orang tua, nilai budaya dan karakletr bawaan misal introvert atau ektroverts ecara alamiah.

ringkasan kesembilan pola pada eneagram, dapat digambarkan seperti berikut:

1. perfeksionis: tipe orangnya relasistis, penuh pertimbvangan, dan memegang prinsip. mereka berusaha menjalani hidup dengan standar ideal yang tinggi.

2. Penolong: Tipikal pribadinya hangat, peduli mengasuh, dan peka terhadap kebutuhan orang lain.

3. Pengejar prestasi: energik, optimis, percaya diri, dan berorientasi pada tujuan.

4. Romantis: memiliki perasaan yang peka, pribadi yang hangat, dan pengertian.

5. Pengamat: memiliki kebutuhan akan pengetahuan, dan adalah pribadi yang cukup introvert, penuh rasa ingin tahu, analis dan berwawasan luas.

6. Pencemas: bertanggung jawab, bisa dipercaya, dan menjunjung tinggi kesetiaan pada keluarga, teman dan kelompok. kisaran kepribadian pada tipe ini cukup luas, mulai dari menarik diri dari lingkungan, dan kaku hingga berani mengungkapkan pikiran dan melawan.

7. Petualang: energik, penuh vitalitas, dan optimis.orang-orang semacam ini berobsesi memberikan sumbangsih atau berkontribusai bagi dunia.

8. Pejuang: tipikalnya terus terang, mengandalkan diri sendiri, percaya diri dan protekstif.

9. pendamai: mudah menerima, suka menyenagkan orang lain, dan mendukung. pribadi semcam ini mencoba menyatu dengan orang lain dan lingkungan sekitar.

Setiap kita, pasti memiliki pribadi salah satu dari tipe diatas yang dminan, kecenderungan akan bersosialisasi dalam hubungan yang ada dalam ‘sat lingkaran eneagram’.

ikut dimanakah pribadi kita??


4 thoughts on “ENEAGRAM

  1. ini ada bukunya kan yah? kemaren sempet mo liat waktu lagi di gramed, tp blm sempet liat2 juga sie?
    mmm…. penasaran jg pgn baca!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s