“Bali Roadmap” baru Sebuah Kesepakatan Selamatkan Bumi

“Bali Roadmap” merupakan hasil kesepakatan dari Konferensi PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC) yang diselenggarakan desember 2007 dalam upaya menyelamatkan bumi.
Namun setidaknya itulah satu langkah pogresive untuk penyelamatan bumi kita ini. meski sebelumnya gara-gara AS target pengurangan emisi hanya baru catatan kak. hal ini dilakukan US karena ketika Panel Antarpemerintah untuk Perubahan Iklim (IPCC) yang memenangkan Nobel, mengeluarkan data dampak perubahan iklim, dan bahwa musim panas Kutub Utara Arktik akan bebas dari es dalam 5-6 tahun ke depan serta menyebut 2007 adalah tahun terpanas ketujuh dalam sejarah.

Meski sangat general mengenai isi kesepakatannya, tapi setidaknya “Bali Roadmap” adalah sebuah jalan untuk semua negara yang telah menyepakati untuk dapat menjalankan tugasnya dalam penyelamatan planet bumi ini, dengan langkah-langkah mengurangi emisi CO2,” kata Presiden COP-13, Rachmat Witoelar di Nusa Dua, Bali. Rachmat juga menyebutkan, alotnya untuk mencapai kesepakatan dalam draf “Bali Roadmap” adalah soal seberapa negara-negara maju mampu menargetkan untuk menurunkan emisi CO2, karena dalam draf itu bagi negara-negara maju mempunyai kewajiban sangat ketat untuk menurunkan emisi, sesuai harapan hingga tahun 2050.

Namun setelah peserta delegasi tidak mengikat dengan target angka hingga 2012, tetapi harus memenuhi target angka untuk penurunan emisi CO 2 pada 2050. Kesepakatan Bali Roadmap tersebut tidak ada kendala lagi, yang terpenting bagaimana upaya masing-masing negara tersebut untuk menurunkan emisi CO2.

may it can be realized..?!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s