Teknologi seluler CDMA dan aplikasi

Biarpun agak be-te buat nyoba-nyoba nulis masalah kuliah tempo dulu. Tapi Ga masalah Lah dalam mengisi kekosongan waktu dan coba share knowledge. materi ini sebagian saya ambil dari artikel yang saya tulis waktu tugas di kuliah sebagian juga ngarang-ngarang buat tambahannya..😀

here we Go….cdma.jpg

Teknologi seluler yang ada saat ini banyak yang telah berbasis CDMA2000 (code division multiple access) dan merupakan pangsa pasar yang berprospek diIndonesia take case kasus: Esianya BTEL, Frennya Mobile-8, terus Starone Indosat dan yang Ga kalah tenar Flexinya Telkom merupakan pemain yang bergerak dalam bidang industri seluler CDMA.

Berdasarkan generasinya, teknologi CDMA2000 diklasifikasikan sebagai teknologi seluler generasi ketiga (3G), yang setingkat dengan teknologi W-CDMA (wideband code domain multiple access) ini adalah evolusi dari GSM yang mentok hanay untuk 2 sampe 2,5 G atau UMTS (universal mobile telecommunication system). Teknologi CDMA2000 ini dikembangkan oleh suatu lembaga kerja sama berskala internasional yang disebut 3GPP2 (3G Partnership Project 2) dengan menggunakan IS-2000 sebagai preference-nya.

sekarang coba kita lihat dari wikipedianya. historikal teknologinya bahwa TEKNOLOGI CDMA2000 berangkat dari CDMA-One (IS-95A) yang merupakan generasi kedua (2G) dengan layanan berupa suara (voice) dan data berkecepatan rendah (maks 14,4 kbps). CDMA-One ini berkembang sangat populer, terutama di Amerika Utara. Teknologi CDMA-One ini kemudian dikembangkan lagi menjadi CDMA-One (IS-95B) yang mampu menyediakan layanan data sampai 115 kbps. Untuk dapat melakukan transmisi data lebih tinggi, maka teknologi CDMA-One (IS-95B) ini dikembangkan menjadi CDMA2000. Nah inilah yang yang berkembang dan bisa masuk ke Indonesia kali ya?😛

Kemudian kita mah Ga ada puasnya..sekarang yang kita pengenin ya nelpon sambil ada gambar orangnya atau yang lebih dikenal teknologi 3G. Nah Untuk dapat diklasifikasikan sebagai 3G maka kecepatan transmisi data dari sistem 3G harus memenuhi persyaratan kecepatan data 144 kbps dalam keadaan bergerak dengan kecepatan tinggi, 384 kbps dalam keadaan bergerak dengan kecepatan rendah, seperti pejalan kaki, dan 2 Mbps dalam keadaan tidak bergerak/stasioner seperti ketentuan dari International Telecommunication Union (ITU). [Mohon koreksinya..kalo ada reffkurang valid🙂, namany juga belajar Bro..]

Pada prinsipnya lonsep dasar dari CDMA2000 ini adalah menggunakan kode-kode berkorelasi, yaitu walsh code (opo kui..😀 ) untuk sistem multipel aksesnya atau untuk membedakan satu subscriber dengan subscriber lain. kalo GSM ada yng dikenal pembedaan berdasar timslot dan semisalnya itu Loh..

Buat gampangnya Teknologi CDMA2000 dapat dianalogikan layaknya suatu pesta yang dihadiri oleh banyak orang dari berbagai bangsa. Walaupun setiap pasang orang berbicara dengan bahasa negaranya masing-masing (ada yg jawa, sunda, manado..eh salah bhs negara ya?) serta seluruh pengunjung pesta berbicara dalam waktu yang bersamaan, mereka dapat mengenali pasangan bicaranya karena dibedakan oleh bahasa yang digunakan. nah itulah yang disebut, bahasa negara adalah walsh code yang digunakan untuk membedakan orang.

Lanjut bro..

Proses pengiriman


secara ringkasnya kurang lebih berikut ini:

Informasi yang akan dikirim (misalkan, suara kita) akan diubah menjadi sinyal digital melalui enkoder dan kemudian disebar (spreading) sepanjang lebar pita dari kanal CDMA2000 dengan menggunakan walsh code tadi.
Hal ini bertujuan agar informasi yang dikirim masih dapat dikenali apabila sebagian dari sinyal tersebut ada yang rusak, misalnya karena terkena pantulan, refraksi dari gedung, jamming, dan macem-macemnya Lah.

Selama pengirimannya, informasi awal yang telah dikodekan akan tercampur dengan derau dasar, interferensi dari luar, interferensi dari sel lain, dan interferensi dari pemakai lain sehingga informasi awal tersebut menjadi sinyal campuran. acak adut bahasa prokemnya😀

terus…pada sisi penerima, untuk memisahkan informasi awal dari sinyal campuran, digunakan alat yang disebut walsh code correlator. Untuk mendapatkan informasi awal maka setelah melewati walsh code correlator, sinyal tersebut harus melalui dekoder kembali, kemudian didapat informasi awal yang dikirim. Nah, selanjutnya salah satu karakteristik penting lain dari CDMA2000 ini adalah soft capacity-nya itu bro. Semakin banyak orang dalam pesta tersebut, semakin tidak jelas pembicaraan tiap-tiap pasang orang hehehee….wajar Lah.

Mirip dengan analogi di atas, CDMA2000 juga mempunyai kapasitas yang tidak tetap (variable capacity) yang tergantung dari kualitas suara yang diinginkan. Semakin tinggi kapasitasnya, interferensi yang terjadi juga semakin banyak dan kualitas suara juga akan menurun, demikian juga sebaliknya.

oh ya..Selain menggunakan walsh code untuk multipel aksesnya, CDMA2000 juga menggunakan frequency division multiple access (FDMA) untuk meningkatkan jumlah kapasitas pemakainya dalam suatu sel.

Teknologi CDMA2000 ini menggunakan pita lebar (bandwidth) mulai dari 1,25 megahertz (MHz) sampai 15 Mhz dan mempunyai alokasi pada frekuensi 450 MHz, 800 MHz (cellular band), 1.700 MHz, 1.900 (PCS Band), atau 2,1 GHz yang sangat tergantung dari regulasi tiap-tiap negara [kalo yang ini togas Depkominfo..Lengkapnya tanya pak Cahyana/sekjen depkominfo deh].

Kelebihan lain juga dari teknologi CDMA2000 ini adalah pemakaian power yang selalu diatur seminimum mungkin, dengan jalan penggunaan power control yang memungkinkan pengaturan daya yang dipancarkan oleh handset setiap 1,25 ms sehingga mempunyai efek positif bagi kesehatan pemakainya dan tingkat interferensi juga dapat ditekan seminimum mungkin. [Aspek dampak kesehatannya kurang tau detail sih bro..]

Ditinjau dari keamanan datanya, CDMA2000 juga mempunyai tingkat keamanan yang baik, yaitu menggunakan proses enkripsi (encryption) yang berlapis sehingga tidak mudah disadap.

CaraBerpindah

Untuk berpindah dari satu sel ke sel lain (istilah kerennya handoff), base station CDMA2000 menggunakan bantuan satelit GPS (Global Positioning System) untuk proses sinkronisasi antarsel sehingga memungkinkan pengguna menggunakan telepon selama perjalanan.

Teknologi CDMA2000 ini sendiri akan mengalami evolusi juga, yaitu dimulai dengan CDMA2000 1xRTT (radio tranmission technology) atau CDMA2000 1x, CDMA2000 1xEV-DO, CDMA2000 1xEV-DV, dan akhirnya menjadi CDMA2000 3xRTT (multicarrier). ==>[ …Harusny masuk disesi histori ya? ]

CDMA2000 1x merupakan generasi pertama dari teknologi CDMA2000. Teknologi CDMA2000 1x ini mampu mempunyai kapasitas dua kali kapasitas dari pendahulunya CDMA-One (IS-95A) atau sekitar 35 kanal trafik/sektor/RF, dan juga dapat digunakan untuk transmisi data dengan kecepatan maksimum sebesar 153 kbps (Release 0) atau 307 kbps (Release 1) untuk spektrum frekuensi dengan pita lebar (bandwidth) sebesar 1,25 MHz. CDMA2000 1x yang digunakan seperti sekarang ini, yang dapat digunakan untuk aplikasi-aplikasi semacam games, e-mail, chatting, MP3 download, picture download, dan lain sebagainya.

CDMA2000 1xEV […dulu perna training niy..am Pak Nahwan :P] merupakan generasi berikutnya dari generasi CDMA2000 1x dan dikembangkan dalam 2 fase, yaitu data only atau oriented ya..Tapi jelasnyajadi EV (DO) dan data voice (DV). Ada perbedaan yang sangat penting pada sistem multipel akses antara CDMA2000 1x EVDO dan CDMA2000 1xEV. Pada CDMA2000 1x masih digunakan walsh code dan FDMA saja untuk proses pembagian kanal, sedangkan pada CDMA2000 1xEV juga digunakan teknologi time domain multiplexing (TDM) untuk pengiriman data yang berupa paket (packet switched data).
CDMA2000 1xEV-DO diperkirakan akan mampu untuk mentransmisikan data dengan kecepatan maksimum sampai 2,4 Mbps yang dapat digunakan untuk aplikasi video conferencing. CDMA2000 1xEV-DV akan mempunyai performa lebih baik lagi, yaitu diperkirakan akan mampu untuk mentransmisikan voice dan data berkecepatan tinggi sampai 3,09 Mbps yang dapat digunakan untuk high speed multimedia services. [Nah ini Lah yang akan berkembang terus kedepannya..]

CDMA2000 3x (multiple carrier) merupakan penggabungan beberapa carrier yang ada pada CDMA2000 1x sehingga mempunyai pita lebar yang lebih lebar, yaitu 5 MHz dan menghasilkan kecepatan data yang lebih baik. [..kurang tau banyak niy tentang ini, karena Lum banyak refferensi yang saya baca] Ditinjau dari sisi operator seluler, teknologi CDMA2000 ini memberikan beberapa keuntungan karena jaringan CDMA2000 ini dapat dikembangkan dari jaringan CDMA-One yang sudah ada sehingga bisa menghemat investasi. Selain itu, kebutuhan alokasi frekuensi dapat dilakukan secara bertahap mulai dari single carrier (CDMA2000 1x) sampai multiple carrier (CDMA2000 3x).
Ditinjau dari sisi kompatibilitasnya, teknologi CDMA2000 ini backward compatible dengan CDMA-One sehingga handset CDMA2000 juga dapat digunakan pada jaringan CDMA-One apabila di area tersebut tidak tersedia jaringan CDMA2000.

[..Mohon koreksinya kalo ada kekurangan]

5 thoughts on “Teknologi seluler CDMA dan aplikasi

  1. kalo CDMA one itu identik dengan CDMA generasi awal yaitu CDMA 95 1x, atau untuk sisi GSM setara dengan AMPSny. kemudian berevolusi dan berkembang menjadi CDMA 2000. yang dalam pengembangannya menjadi CDMA 2000 1X. untuk Gsm hal ini setara dengan GSM 2,5G dengan data rate 144 Kbs. berkembang lagi sampai pada teknologi CDMA 2000 1X EV-DO or EVDV. platform teknologi inilah yang dipake untuk Teknologi 3G. pada GSM evolusinya lebih kita kenal dengan istilah W-CDMA.

  2. aq mo tnya penjelasan trafik secara umum d telpon dengan dseluler cdma sama/ beda?
    tuk hitung trafik d cdma rumusnya ap saja?
    makasih

  3. bagaimana cara melakukan pengetesan throughput dan delay pada data Akses CDMA 2000 1x EVDO?alat yang dibutuhkannya apa aja? bagaimana hubungannya dengan performansi EVDO
    mohon balas ke aldyn07@yahoo.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s