Step ahead

Setiap keberhasilan pasti didahului dengan peluh perjuangan..dan setiap perjuangan diawali dari keadaan tanpa adanya apa-apa (dimulai dari nol). Suatu permulaan dari segala keterbatasan yang ada, lantas berupaya dapat meraih sesuatu yang kita yakini. barangkali seperti inilah kandungan perjuangan yang ada. Dan siklusnya pun senantiasan akan berulang.

Kita bisa rasakan betul nilai perjuangan saat dimulai dari titik nol. Keadaan tanpa ada apa-apa. Lantas berusaha untuk survive, senantiasa berkorban..di tengah kondisi keterpurukan semacam itu, keadaan yang serba terbatas. hanya satu yang jadi semangat. Yaitu keyakinan untuk maju, keyakinan untuk step forward, keyakinan untuk merubah nasib/keadaan. Inilah yang bisa jadi kandungan nilai dari perjuangan untuk bisa kita kenang.

Ingat betul..perjuangan dimulai dari melanjutkan jenjang pendidikan SMU, saya memutuskan untuk jauh dari orang tua disinilah dimulainya titik nol dari perjuangan awal. Saya berpikir akan mendapat ilmu yang lebih baik sebagai persiapan melangkah ke bangku kuliah (meski dengan keterbatasan keadaan orang tua) atau paling tidak bisa mengambil hikmah untuk survive hidup di daerah orang lain, bagaimana harus bertingkah laku, menghormati budaya setempat, tetap dalam kesedrhanaan.. satu step perjuangan yang bisa saya ingat, saat awal memulai kisah hidup buat saya. Dimana dengan segala keterbatasan yang ada termasuk terbatasny kiriman dari orang tua. Meskipus pahit diawal, namun akhirnya masa itu bisa terlewati juga.

Hingga berlanjut pada titik nol yang berikutnya..perjuangan saat melanjutkan ke jenjang bangku perkuliahan. Bisa dirasakan bagaimana kesulitannya orang tua untuk membiayai uang awal masuk perkuliahan, dengan terpaksa meminjam dari tetangga ataupun kerabat. Dan kesulitan yang serupa pula (dalam hal financial) bisa saya rasakan saat mencari biaya untuk tempat tinggal dan biaya hidup selama perkuliahan. Sampai ada teman seperjuangan yang menyarankan untuk mencoba kerja sambilan dengan ikut mengajar private, dengan dibantu kakak juga. Alhamdulilah bisa merampungkan jenjang perkuliahan..

Seperti halnya siklus yang ada…perihal perjuangan dengan diawali dari kondisi nol selanjutnya pun berlanjut. Bagaimana setelah lulus harus mengawali karir di kota besar,
Dengan minimnya pengetahuan, dukungan keluarga…dituntut untuk beradaptasi dengan situasi yang serba berbeda dari sebelumnya. Belum lagi problem yang muncul, tentang prospektifkah karir yang sudah saya tempuh, terus keingin untuk menabung, bagaimana lingkungan kerja apakah bisa kondusif ataukah sebaliknya. Itulah problematika atau lebih tepatnya perjuangan lanjutan yang harus dihadapai dalam hidup…

And then..kisah menentukan jodoh?  itulah kisah lanjutan yang belum bisa diceritakaan lebih lanjut dalam tulisan ini?!

2 thoughts on “Step ahead

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s