Decision making process

Saat kita memutuskan untuk memilih sekolah, memilih tempat kerja, atau bahkan memilih pasangan hidup?!  Diantara banyak pilihan semacam itu  kita mempertimbangkan banyak factor dan variable. Nah… disitulah OTAK memiliki peranan penting untuk mementukan sebuah keputusan.

Pernahkah  qt sempat berpikir bagaimmana cara otak bekerja? Atau paling tidak  sempat terpikirkan oleh kita baagaimana cara otak mengambil keputusan.

Berikut ada sedikit ilustrasi bagaimana cara otak mengambil keputusan,

Petunjuk melihat gambar :

cara-pandang

* Kalau pandangan mata anda mengikuti gerakan putaran bulatan warna PINK, maka anda hanya akan melihat bulatan satu warna yaitu PINK.

* Tapi kalau mata anda terpusat ke tanda “+” yang hitam di tengah, maka bulatan yang berputar akan berubah warnanya menjadi HIJAU.

* Kemudian jika pandangan mata anda konsentrasi penuh ke tanda “+” yang hitam di tengah gambar, maka perlahan-lahan bulatan warna PINK akan menghilang, dan hanya akan terlihat satu saja bulatan yang berputar yaitu warna HIJAU.

Wow…amazing, sangatlah mengagumkan bagaimana cara otak bekerja.  Sebenarnya, tidak ada bulatan warna HIJAU, dan bulatan warna PINK juga tidak menghilang.

Rasanya cukup membuktikan bahwa kita tidak selalu melihat apa yang kita pikirkan, atau dengan kata lain kita melihat sesuatu “Bukan apa adanya” tapi “Sebagaimana kita melihatnya.”

Kadang kita menghadapi suatu masalah yang “sangat sulit” atau “sangat berat” (baik di tempat kerja, di keluarga, di lingkungan masyarakat, maupun masalah pribadi diri sendiri)

Bahkan,  kadang terlintas pertanyaan di benak kita, “Kenapa demikian berat beban masalah / cobaan yang kita terima?” (Padahal kalau kita menerima anugerah /  kenikmatan yang demikian besar, kita tidak pernah mempertanyakannya, “Kenapa kok saya yang menerimanya?” . Dan kadang kita bahwa  Tuhan tidak akan membebankan ujian atau beban yang tidak kita  sendiri tidak sanggup memikulnya.

Berat atau Ringan

Kecil atau Besar

Masalah atau Bukan Masalah

Sedih atau Gembira

Hukuman atau Pahala

Derita atau Bahagia

Itu semua hanyalah “CARA PANDANG” kita terhadap sesuatu.

Suatu peristiwa atau kejadian yang sama, namun jika melihatnya dengan sudut pandang yang berbeda serta memaknainya dengan berbeda pula, lalu menyikapinya dengan berbeda juga, maka hasilnya akan berbeda.

Semua hanya ada di benak kita sendiri !


3 thoughts on “Decision making process

  1. Syukron katsir taushiahnya..subhanalloh, Alloh Maha Adil, kadang kita manusia sering cepet berprasangka jelek thd suatu hal yg menurut kita jelek, namun manusia tdk tahu apa hikmah di balik itu semua, alloh tidak akan mendhalimi hamba2 Nya..Maha Rahman Rahim..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s