MIND MANAGEMENT

Eits, ini bukan bahasan tulisan Tony buzan, atau Gordon dryden yang ngembangin pemetaan pemikiran atau revolusi ttg pembelajaran otak..tapi bahan sekarang jauh lebih sensasional dari yang   pernah kita kenal.

Selama ini kita mengenal istilah management itu dari business management, marketing management atau barangkalai  dari HRD Management?! Sekarang hal yang menarik yang akan coba kita diskus bersama-sama tentang management pemikiran.

Kenapa sy ambil topic tersebut? Karena sedikit banayk saya terinspirasi dari sebuah hadist ‘Allah  mengikuti sangkaan seorang hamba terhadapNYA’. Jadi sika seorang hhamba berpikir positif maka itulah yang akan dikirimkan Tuhan terhadap kita. Entah itu sangkaan kita saat berhasil, saat gagal,  mengaggap diri kecewa, atau menganggap diri susah, maka Tuhan akan mengirimkan pikiran itu kepada kita. YOU ARE what YOU ARE THINKING about?!

Ada saatnya kita merasa Lemah, Letih, Lesu, Loyo (koq kayak bahasa iklan banget ya? Yang sering disebut gejala 4L). Yang sayangnya kondisi demikian tidak hanya dialami oleh fisik tubuh, tapi juga diderita oleh batin kita. Kita merasakan males, ogah-ogahan….gak semangat, dan banyak keluhan lainnya.

Permasalahnnya adalah kenapa kondisi tersebut menyerang individu kita? Dan parahnya lagi secara konteks masyarakat tak jarang juga kita temui. Why do become powerless??

Ternyata ada 4 indikator penyebab masalah powerless atau penyebab  gejala 4L itu tadi (kyk bahasa iklan ga sih?😀 ) yaitu: 2 penyebab dari internal diri kita sendiri, dan 2 penyebab secara eksternal (hehehe.. masi umum banget ya jawabannya? à biar penasaran)

Penyebab secara internal

Pertama bad self image , pencitraan diri yang negative, tanpa kita sadari berpuluh2 tahun kita menjalani kehidupan tanpa tterasa kita dihinggapai masalah bad self image . masalah ini muncul dari lingkungan yang paling dekat dengan kehidupan kita, tak terkecuali keluarga memiliki peran yang dominan. Pernah ga kita merasa dulu waktu kecil saat dape nilai merah, apa komentar yang ada? Atau yang disayangkan komentar itu muncul dari orang tua kita? Yang bilang? “memang dasar bodoh,  gak pinter… ga seperti kakak kamu (atau siapa lah sebagai pembanding)” . yang akibatnya muncul label dalam pemikiran kita ‘ apa aq memang bodoh ya? Sy orang yang ga pandai ya? Apa memang takdirku aq ga lebih baik dari kakaku?’. Itu lah yang disebut bad self image!

Another case: saat seorang istri dikecewakan berulang kali oleh suaminya, dan akibat suatu perceraian atau worst case iitu terjadi untuk hal yag kedua kalinya? Kemudian ada seorang lelaki datang untuk mencoba melamar wanita tersebut, terus wanita tersebut menolak dengan mentah-mentah (emang menolak yang matng2 gimn ya?) dan bepikir?  “saya ga pernah percaya sama laki-laki, semua laki-laki itu buaya, sama tukan boongnya, sama jahatnya” (hehehe pernah niy ogut dapat  celotehan kyk gini? Tp bukan bwt kasus perceraian.. ;)  )ini adalah suattu  bad image, karena satu kasus menyebabkan generalisasi dalam diri bahwa semua laki2 sama aja. Padahal om hamdan STT perna bilang : ‘tidak semua laki-laki bersalah padamu… :p (back to opic?! )

Point utamany adalah..ketika kita mengalami self image negative , kita akan menciptakan apa yang disebut ”generalisasi-generalisasi”. Kita akan menyamakan semua orang itu sama. HAL INI SALAH?! Tidak selalu harus demikian. Ini pastinya akan mengganggu dalam kehiupan sehari-hari. You are what you are thinking about?!. kalau sebuah perusahaan mengeluarkan miliaran rupiah untuk memperbaiki citra merk perusahaan, how to create brand image . bagaimana dulu OREO berusaha memperbaiki citra produknya karena ditemukan zat melanin dalam kandungan susunya, serta PT. Excelkomindo atau XL yang mengeluarkan miliaran rupiah, bahhkan lebih dari 10 M (CMIIW ) untuk menciptaka logo dan brand image perusahaan termasuk budaya kerjanya, serta bagaimana PT. Pertamina mengubah Logo perusahaan untuk mengubah pencitraan?!

Tapi, pernahhkah kita berpikir untuk mengeluarkan selain dana, melainkan pikiran dan waktu..untuk mengubah SELF IMAGE yang sudah negative tadi. Pernahkah kita berpikir uuntuk investasikan waktu kita, tenaga kita, dan pikiran kita untuk mengubah image kita yang negative dimata orang atau dimata kitta sendiri?

Just to remind us:  ‘TUHAN mengikuti sangkaan seorang hamba, terhadapNYA’.

Point kedua, dari internal effect adalah bad experience. Dalam dunia psikologi disebut traumatic syndrome. Setiap orang pati pernah mengalami musibah. Tnggal kitta menilai peristiwa tersebut positif atau negative.  Bukankah Tuhan mencipatakan segala sesuatunya tidak ada yang sia-sia?? Semua itu  ada manfaat dan hiikmahnya. Karena Tuhan memiliiki scenario yyang beraneka ragam setiap manusia, ‘that’s miracle of life’ itulahh misteri kehidupan..dan itu hal yang sangat luar biasa. Percayalah, Tuhan tidak akan memebankan cobaan..melibihi batas kemampuan umatnya.

Penyebab yang ketiga, factor dari eksternal adalah bad partner , ketika anda salah memilih teman, pasangan. Maka ini akan menyebabkan powerless. bahkan ada suatu ungkapan filusuf ‘sebutkan temman-teman anda maka saya akan tebak siapa diri anda’ . dalam ajaran muslim, criteria memilih seorang teman sejati  rosulullah SAW menasihatkan, ada 3 aspek yang harus diperhatikan:

  1. Sudahkah anda bermalam dirumahnya (dalam arti positif tentunya..?! )
  2. Sudahkan anda musafi/ bepergian jauh dengannya.
  3. Sudahkan anda bermuamalahh dengannya/ bertrransaksi bisnis..atau memberikan suatu amanah atau kepercayaan bersam dia.

Hmmmm… criteria peniliaian yang sangat effektif?! Kalu anda pernah melakukan ketiga hal tersebut, anda akan mendapatkan keberkahan dalam memilih teman sejati.

Penyebab yang keempat: bad enverionment

3 thoughts on “MIND MANAGEMENT

  1. Betul sekali saya setuju dengan mind setting…kita harus selalu berpikir positif, bertindak positif dan bergaul dengan yang positif2 dan menyebarkan virus yang positif supaya yang negatif2 lama-lama hilang dengan sendirinya….Sukses for you.

  2. Ya, setuju banget, didalam diri seseorang ada 3 bagian yang saling bekerja sama : Mind, Feel, Act. Berfikir positif, merasa positif, bertindak positif.

    Salam Positif!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s